la PASTA e deliziosa!





Yes, You Can!
Thursday, October 21, 2010




Pernah mendengar kata-kata di atas? Sebuah kalimat yang sangat jarang dikatakan oleh orang banyak, terutama ketika mereka berada di keadaan yang sangat sulit. Tidak banyak yang berani mengucapkan kalimat ini ketika mereka berada di bawah tekanan. Tekanan membuat kita kehilangan kepercayaan diri untuk melakukan sesuatu. Kepercayaan diri adalah satu hal yang sangat penting ketika kita melakukan sesuatu, termasuk ketika kita mengerjakan ulangan. Apabila kita percaya dengan kemampuan yang kita miliki ditambah usaha dan kerja keras yang sudah kita lakukan, kita pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal dan berkata, "Yes, I Can!" 

Kepercayaan diri itu sendiri akan hilang apabila kita memiliki pikiran negatif sebelum melakukan suatu hal. Kita ambil contoh ketika kita akan menghadapi ujian nasional atau interview. Berbagai macam pertanyaan seperti, "Bagaimana kalau soal ujian tersebut tidak bisa dipecahkan?" "Bagaimana kalau apa yang sudah saya pelajari selama ini, tiba-tiba saya melupakannya ketika kertas soal dibagikan?" "Bagaimana kalau saya gagal mengerjakan soal tersebut?" dan juga 'bagaimana'-'bagaimana' lainnya. 

Mengapa harus memikirkan hal-hal seperti itu padahal kita belum menjalaninya sama sekali? Mengapa begitu repot memikirkan betapa sulitnya soal yang akan diberikan? Daripada memikirkan hal-hal yang membuat semangat kita turun, sebaiknya kita justru berusaha dan bekerja keras mempersiapkan segalah hal yang dibutuhkan untuk mengikuti ujian. Dengan demikian, tidak akan ada lagi pikiran negatif di kepala kita, melainkan peryataan seperti "Saya pasti bisa mengerjakan soal sesulit apapun, karena selama ini saya sudah bekerja keras dan tekun belajar." Bukankah itu dapat membuat kita lebih bersemangat dan lebih percaya diri dalam menghadapi masalah? Ingat, jangan biarkan masalah menguasai diri kita, melain kitalah yang harusnya menguasai masalah tersebut dan menyelesaikannya. 

Diri kita sendiri pun harus yakin dengan kemampuan yang kita miliki. Bila merasa diri kita masih memiliki kekurangan, tutuplah kekurangan tersebut dengan bekerja lebih keras lagi. Jadilah orang yang optimis juga! Pikiran positif mempengaruhi perilaku untuk tidak pernah menyerah dalam melakukan sesuatu. Lihat Thomas Alfa Edison yang sudah ribuan kali mengalami kegagalan, tetapi tetap optimis melakukan percobaan dan akhirnya berhasil. Sikap optimis yang dimilikinya membuat Edison terus berusaha dan tidak pernah takut melakukan kesalahan, bahkan beliau rela tidak tidur demi menghasilkan percobaan yang cemerlang. 

Di samping itu, perlu adanya kesabaran dan ketekunan dalam mengerjakan sesuatu. Mungkin sering kali kita berhenti di tengah jalan ketika sedang melakukan suatu hal karena alasan lelah dan lain-lain. Lakukanlah semua hal dengan segenap hatimu. Nikmati pekerjaanmu dan jangan menganggap apa yang kamu lakukan adalah sebuah beban yang begitu berat yang diberikan Tuhan padamu. Ketekunan dan kerja keras yang dilakukan terus menerus akan membuat kita berani untuk terjatuh. Dari kegagalan itulah, kita akan belajar untuk menghindari kesalahan itu, memperbaiki sikap kita dan akhirnya mencapai apa yang kita inginkan

Bagaimana dengan dirimu? Sampai kapan kamu mau terus-terusan berpikiran bahwa kamu akan gagal, padahal kamu belum melakukan apapun. Itu artinya kamu adalah pengecut dan penakut, pikiran diliputi kecemasan meskipun belum melangkahkan kaki sedikitpun. Mulai sekarang, beranilah berkata "Saya bisa melakukan ini!" atau "Saya pasti bisa mengerjakan soal sesulit apapun!" Bukankah apa yang kita ucapkan adalah doa untuk diri sendiri? Ketika kita berkata "Saya pasti gagal" sebelum melakukan apapun, hasilnya pun akan demikian. Tetapi ketika kita menyemangati diri sendiri dengan pikiran positif, kita pasti akan berhasil dan sukses. 

Kawan, beranikah kamu berkata, "Saya Pasti Bisa" terhadap apapun? Termasuk mengerjakan ulangan matematika, menghadapi ujian nasional, tampil di depan umum, bahkan mengubah negara atau dunia ini menjadi dunia yang lebih baik? Beranikah kamu?

picture credit: as tagged

writer: Rheta Audilla :)

Labels: ,



10:13 PM | 0 dreams
back to the dreamland






Bien Venue!

Welcome toxiipa1pasta.blogspot.com
Please click on the navbar above
Feel free to play around!
Copycats is a serious offence!

We are PASTA. SMA Sancta Ursula. Majoring in Science. A class with amazing, brilliant, brave and creative students.

rude messages will be deleted and user will be banned
NO spamming - NO flooding

ShoutMix chat widget



MusicPlaylist
Music Playlist at MixPod.com




HAPPY BIRTHDAY NADIA!
HAPPY BIRTHDAY FERRONA!
Beri Aku 10 Pemuda Maka Akan Kuguncang Dunia
Benvenuti A Pasta :)

Designer : yours truly
Reference : That So Easy
Materials (Favicon, CBox Layout) : Various Japanese Site | Happy Stop
Graphics : Charuca
Tools : Photoshop CS3 | Notepad Hosting : Blogger | Photobucket