la PASTA e deliziosa!





Indonesia, JUARA TANPA MAHKOTA
Thursday, December 30, 2010

Piala AFF berakhir sudah setelah kemarin (29/12/10) diselenggarakan final leg 2 antara kesebelasan Indonesia melawan kesebelasan Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno. Untuk mendapatkan gelar juara, timnas Indonesia harus menang paling tidak 4-0 karena di leg 1 sudah kalah telak 3-0 dari Malaysia.

Bermain menyerang, Indonesia sempat kecolongan gol terlebih dahulu yang dicetak oleh Safee. Namun untungnya para pemain masih bisa membalas 2 gol lewat M. Nasuha, setelah didahului dengan tendangan keras dari Ahmad Bustomi dan juga gol dari gelandang sayap M. Ridwan. Sampai peluit panjang dibunyikan, skor pertandingan 2-1 untuk kemenangan timnas Indonesia.

Sebenarnya Indonesia memiliki begitu banyak peluang untuk mencetak gol, apalagi saat wasit menghadiahkan tendangan penalti. Sayang, Firman Utina gagal mengeksekusi dengan baik karena bola berhasil ditangkap oleh kiper Malaysia, Khairul Fahmi. Namun, secara keseluruhan para pemain Indonesia menyuguhkan permainan yang amat sangat baik. Prestasi yang dicapai sebagai runner-up pun perlu diapresiasi karena untuk mencapai final bukanlah hal yang mudah, tapi nyatanya sampai babak final timnas Indonesia hanya kalah 1 kali. 

Pertandingan leg ke-2 memang dimenangkan oleh Indonesia namun gelar juara jatuh ke tangan Malaysia karena kalah agregat gol 2-4.

Bisa kita lihat euphoria masyarakat Indonesia. Walau kita menang semalam, itu tak mampu membuat kita meraih trofi AFF. Tetapi masyarakat tetap mendukung kita dan bukannya mengumpat kekalahan kita :)



Selain itu, perlu kita lihat bahwa adanya pemain naturalisasi macam Christian Gonzales dan Irfan Bachdim rupanya membawa angin segar bagi pembaruan timnas Indonesia. Kita juga bisa melihat bahwa supporter kita juga makin dewasa. Buktinya tak ada lagi umpatan-umpatan yang ditujukan kepada pemain apabila melakukan kesalahan passing ataupun blunder. Ini bisa menjadi catatan penting bagi PSSI untuk semakin berbenah diri, dan yang terpenting melakukan pembinaan pemain usia muda seperti yang dilakukan timnas Malaysia. Tidak perlu malu belajar dari Malaysia, Malaysia bisa menang AFF tak lain merupakan kerja keras mereka selama lima tahun dalam membina pemain usia muda.

Akhirnya, Indonesia memang tidak berhasil memenangkan piala AFF. Indonesia gagal untuk yang keempat kalinya. Namun para pemain timnas Indonesia berhasil memenangkan hati seluruh pecinta sepakbola Indonesia :) Bayangkan teman-teman, 11 orang tersebut telah berhasil menyatukan seluruh rakyat Indonesia dari berbagai kalangan. Kita bisa lihat mulai dari pedagang asongan, masyarakat awam, kalangan selebritis hingga para pejabat bisa duduk sejajar dan dengan serentak mendukung timnas Indonesia :) Hanya sepakbola yang bisa membangkitkan NASIONALISME kita. MAJU TERUS TIMNAS INDONESIA!

Terima kasih Bambang Pamungkas dan teman-teman :)

Labels:



10:05 AM | 0 dreams
back to the dreamland






Bien Venue!

Welcome toxiipa1pasta.blogspot.com
Please click on the navbar above
Feel free to play around!
Copycats is a serious offence!

We are PASTA. SMA Sancta Ursula. Majoring in Science. A class with amazing, brilliant, brave and creative students.

rude messages will be deleted and user will be banned
NO spamming - NO flooding